Cara Mudah Mengukur Luas Area dengan Google Map

Cara Mengukur Luas Di Google Map

Cara mengukur luas di Google Map dengan mudah dan cepat. Ikuti langkah-langkahnya untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat!

Cara mengukur luas di Google Map sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Dalam era digital seperti sekarang ini, penggunaan teknologi sudah menjadi kebutuhan utama dalam berbagai bidang, termasuk dalam hal pengukuran luas lahan atau bangunan. Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki alat pengukur yang memadai, karena dengan menggunakan Google Map, pengukuran dapat dilakukan secara online dan akurat.

Cara Mengukur Luas Di Google Map

Langkah pertama untuk mengukur luas di Google Map adalah membuka aplikasi Google Maps di perangkat Anda. Setelah itu, cari lokasi yang akan Anda ukur luasnya dengan memasukkan nama jalan, tempat atau alamat pada kolom pencarian. Pastikan memilih lokasi yang tepat agar hasil pengukuran akurat.

Menentukan Titik Awal

Selanjutnya, perlu menentukan titik awal dari pengukuran luas tersebut. Cara melakukan ini adalah dengan menekan tombol Tambahkan Titik yang terletak di bawah layar. Kemudian, gerakkan penunjuk pada layar dengan menyalakan GPS atau cukup menggerakkan lapisan peta dengan jari Anda. Pastikan Anda mengikuti garis batas wilayah yang ingin dihitung luasnya dengan meningkatkan dan mengurangi pembesaran peta melalui tombol +/- yang terdapat di pojok kanan bawah.

Menambahkan Titik-Titik Baru

Jika ingin melakukan pengukuran wilayah yang lebih kompleks, Anda dapat menambahkan titik-titik baru untuk menentukan batas wilayah. Dalam proses ini Anda dapat menggunakan tombol Garis dan Area untuk menentukan batas wilayah yang ingin dihitung luasnya. Setelah menyelesaikan penentuan garis batas wilayah, klik tombol Selesai untuk mengakhiri pengukuran.

Melihat Hasil Pengukuran

Setelah selesai melakukan pengukuran, Anda dapat melihat hasil pengukuran luas wilayah tersebut pada layar. Dengan mengikuti langkah-langkah tadi, Anda sudah dapat dengan mudah mengukur luas wilayah dengan menggunakan Google Map.

Itulah cara mengukur luas di Google Map yang mudah dan praktis. Jangan ragu untuk mencoba sendiri dan mengeksplorasi fitur-fitur menarik yang tersedia di Google Map. Semoga bermanfaat!

Cara Mengukur Luas Di Google Map dapat dilakukan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Maps pada perangkat Anda.
  2. Pilih titik awal atau titik pusat area yang ingin diukur luasannya.
  3. Klik kanan pada titik tersebut dan pilih Ukur Jarak pada menu yang muncul.
  4. Akan muncul garis merah yang menandakan jarak antara titik awal dan titik akhir.
  5. Klik pada titik akhir dan klik kanan lagi.
  6. Pilih Tambahkan Titik pada menu yang muncul.
  7. Ulangi langkah 5 hingga Anda selesai menggambar batas area yang ingin diukur luasannya.
  8. Klik kanan pada area yang sudah digambar dan pilih Ukur Luas pada menu yang muncul.
  9. Maka akan muncul hasil pengukuran luas area tersebut dalam satuan meter persegi atau kilometer persegi.

Dalam penggunaannya, Cara Mengukur Luas Di Google Map sangat membantu dalam berbagai keperluan seperti untuk menghitung luas lahan, memetakan wilayah, atau bahkan untuk mempersiapkan proyek konstruksi. Namun, perlu diingat bahwa pengukuran dengan Google Maps hanya bersifat perkiraan dan tidak selalu akurat 100%. Oleh karena itu, tetap disarankan untuk melakukan pengukuran langsung di lapangan untuk memperoleh hasil yang lebih akurat.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara mengukur luas di Google Map. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Anda dalam mengukur luas suatu area dengan mudah dan cepat.Dalam artikel ini, telah dijelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengukur luas di Google Map. Pertama, buka Google Map dan pilih area yang ingin diukur. Selanjutnya, klik ikon penggaris untuk memulai pengukuran. Terakhir, ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan pengukuran.Selain itu, dalam artikel ini juga dijelaskan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan Google Map untuk mengukur luas. Misalnya, hasil pengukuran yang akurat dan detail, serta kemampuan untuk membagikan hasil pengukuran dengan orang lain.Sekali lagi, terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan ragu untuk mencoba cara mengukur luas di Google Map dan bagikan pengalaman Anda kepada kami di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Orang-orang sering bertanya tentang Cara Mengukur Luas Di Google Map, berikut adalah jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut:

  1. Bisakah saya mengukur luas lahan di Google Map?

    Ya, Anda dapat mengukur luas lahan di Google Map dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

    • Buka Google Map dan arahkan ke lokasi yang ingin Anda ukur.
    • Klik pada tanda plus (+) untuk memperbesar peta sehingga area yang ingin Anda ukur lebih jelas terlihat.
    • Klik pada ikon penggaris di bagian kiri bawah layar.
    • Pilih Ukur Jarak dan klik pada titik awal area yang ingin Anda ukur.
    • Lanjutkan dengan mengklik titik-titik lain yang membentuk batas area yang ingin Anda ukur.
    • Setelah selesai, Google Map akan menampilkan luas area yang telah Anda ukur dalam satuan meter persegi atau kilometer persegi.
  2. Apakah saya dapat mengukur luas tanah dengan Google Map?

    Ya, Anda dapat mengukur luas tanah dengan Google Map menggunakan metode yang sama seperti mengukur luas lahan. Namun, pastikan bahwa batas tanah yang ingin Anda ukur sudah terlihat jelas di peta.

  3. Apakah saya bisa menggunakan Google Map untuk mengukur luas bangunan?

    Google Map tidak dirancang untuk mengukur luas bangunan, karena peta hanya menampilkan tampilan 2D dari area yang ingin Anda lihat. Namun, ada beberapa aplikasi dan perangkat lunak lain yang dapat membantu Anda mengukur luas bangunan dengan tepat.